Kemendagri Sampaikan Ucapan Terimakasih Atas Pelaporan Refocusing Pemkab Pacitan. Namun Bukan Berarti Penatausahaan Keuangan Daerah Bisa Berjalan

Berita, Politik210 views

Pacitan- Penatausahaan keuangan daerah di Pemkab Pacitan, masih belum berjalan. Hampir semua organisasi perangkat daerah (OPD), tak bisa menyerap anggaran.

Hanya belanja wajib dan mengikat, seperti belanja gaji pegawai, listrik, air, telepon, dan internet yang sementara waktu ini, bisa dicairkan.

Belakangan, tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) ASN untuk bulan Desember, sudah terealisasi. “Yang Januari dan Februari, masih dalam proses,” kata Kabid Perbendaharaan dan Anggaran, BPKAD Pacitan, Surono, Rabu (24/3).

Lantas bagaimana dengan belanja-belanja lainnya? Surono mengatakan, sementara waktu ini masih menunggu keputusan dari Kemendagri. Apalagi aplikasi sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD) memang belum bisa diterapkan.

“Apalah perlu pendampingan ataukah tidak, kami belum tahu. Sebab belum juga ada petunjuk dari pimpinan,” jelas pejabat yang akrab disapa Nano ini.

Sementara itu mengenai tahapan refocusing dan pergeseran anggaran, lanjut Nano, Pemkab Pacitan sudah menyampaikan pelaporan ke Kemendagri. “Kita belum menerima petunjuk apapun atas pelaporan refocusing tersebut. Hanya ada jawaban dari Kemendagri, ucapan terimakasih sudah menyampaikan pelaporan,” ungkap Nano.

Apakah jawaban tersebut, sebagai sinyal kalau pelaporan sudah dinyatakan benar ataukah masih perlu revisi, pihaknya juga belum bisa memastikan.

“Hari ini kita akan meminta petunjuk ke pimpinan. Secepatnya penatausahaan keuangan daerah ini, diharapkan sudah bisa kembali normal,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed