Bawaslu Pacitan Berharap, Pelantikan Paslon Kepala Daerah Terpilih Bisa Segera Terlaksana

Berita129 views

Pacitan- Empat hari lagi, Bupati Pacitan Indartato dan Wakil Bupati, Yudi Sumbogo, bakal melepas masa jabatannya sebagai kepala daerah.

Namun demikian, hingga dipenghujung Maret ini, tak kunjung ada jadwal definitif terkait peresmian dan pengangkatan pasangan calon terpilih dalam Pilbup serentak 9 Desember lalu.

Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stevanus mengatakan, bahwa seluruh tahapan Pilbup sudah usai. Penyelenggara pemilu, entah itu KPU maupun Bawaslu sendiri, sudah melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing dalam hal tahapan pelaksanaan Pilbup.

“Sekarang ini tahapan pelantikan sudah menjadi domain dari pemerintah daerah, khususnya lembaga DPRD. Sebab mereka yang mengusulkan pelantikan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih,” kata Berty, Rabu (31/3).

Meski begitu, sebagai lembaga negara yang punya andil besar dalam pelaksanaan semua jenis kepemiluan, Berty sangat berharap agar prosesi persemian dan pengangkatan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih, bisa dilaksanakan pada 5 April nanti.

Sebab akhir masa jabatan (AMJ) Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, yaitu pada 4 April. “Bawaslu hanya bisa berharap, namun keputusan ada di pemerintah daerah dan juga Kemendagri. Ya kalau bisa tanggal 5 April sudah ada pelantikan,” jelasnya.

Apakah selama ini Bawaslu pernah melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah ataupun pusat berkait dengan rencana pelantikan?

Berty menegaskan, kalau komunikasi baik secara personal ataupun kelembaban, jelas sudah sering kali dilakukan. “Tapi sekali lagi, itu kan domainnya pemerintah. Kalau kabar yang saya terima, ya tanggal 5 April ada pelantikan. Tapi kabar terakhir itupun juga ditunda,” pungkasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed