Delapan Warga Pacitan Kembali Terpapar Coronavirus

Berita115 views

Pacitan- Jangan dipandang remeh, pandemi global coronavirus disease covid-19, yang sampai detik ini masih berlangsung.

Sekalipun positif rate covid-19 terus menunjukkan tren penurunan, namun bukan berarti wabah virus SARS-CoV-2 sudah hilang. Justru sebaliknya, detik ini virus yang diklaim berasal dari daratan China tersebut, masih mengintai siapapun yang lengah dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Hari ini, gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkab Pacitan, kembali merilis adanya 8 warga yang kembali terpapar coronavirus. Meskipun, kesembuhan juga bertambah 9 pasien dan kasus kematian nihil.

Mewakili GTPP, penanggung jawab wisma atlet Pacitan sebagai lokasi karantina bagi pasien covid-19 confirm, Johan Tri Putranto menegaskan, jangan lengah melaksanakan protokol kesehatan.

Sebab hanya dengan cara itu, akan bisa mencegah terjadinya infeksi virus SARS-CoV-2. “Pakailah masker, jaga jarak fisik, sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) paling singkat selama 20 detik dan hindari berkerumun.

Selain itu, minimalisir mobilisasi lintas daerah dan lebih baik tetap tinggal dirumah apabila tidak ada koperluan mendesak,” kata Johan, Jumat (2/4).

Dokter yang juga menjabat sebagai Kepala UPT Puskesmas Gondosari Kecamatan Punung Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan ini, mengingatkan, bahwa detik ini lima negara di Eropa tengah memasuki gelombang ke tiga pandemi global coronavirus.

Apalagi di Asia Tenggara, strain baru covid-19 jenis N439K sudah mulai menjalar. Bahkan setiap hari, belasan ribu warga di Filipina dikabarkan terinfeksi virus SARS-COV-2, baik strain B117 maupun N439K.

“Untuk itu, sekali lagi jangan pandang remeh pandemi global coronavirus. Saat ini badai coronavirus belum reda. Bisa jadi malah semakin masif sebarannya,” pesan Johan. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed