Pelantikan Paslon Kepala Daerah Di Pacitan Dilakukan Secara Virtual dan Mekanisme Hybrid. Ini Penjelasan Kabag Pemerintahan

Berita418 views

Pacitan- Prosesi peresmian dan pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan terpilih pada Pilbup serentak 9 Desember lalu, dipastikan akan dilaksanakan pada 26 April nanti.

Hal tersebut didasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri Nomor 131/1921/OTDA perihal Pelantikan Bupati/Wakil Bupati Dan Walikota/Wakil Walikota.

Kabag Pemerintahan dan Kerjasama Setkab Pacitan, Hesti Suteki mengatakan, bahwa pelantikan serentak periode kedua akan dilaksanakan secara virtual dan secara hybrid, pada tanggal 26 April.

Ketentuan tersebut berlaku bagi kabupaten/kota yang akhir masa jabatan kepala daerahnya pada bulan Februari 2021, dan sudah selesai sengketa perselisihan hasil pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi.

Selain itu juga kabupaten/kota yang akhir masa jabatan kepala daerahnya pada bulan Maret serta April.

“Kebetulan untuk Kabupaten Pacitan, masa akhir jabatan bupati dan wakil bupati pada 4 April. Sehingga untuk jadwal pelantikan pada 26 April,” kata pejabat alumni sekolah kedinasan ini, Rabu (7/4).

Sementara itu, mengenai kriteria pelantikan secara hybrid dimaksud, pejabat yang akrab disapa Teki ini menjelaskan, salah satunya mempertimbangkan aspek sebaran covid-19, disetiap provinsi, kabupaten maupun kota. Kemudian kelengkapan perangkat vidcon dan jaringan internet yang memadai, serta letak geografis masing-masing wilayah. Selain itu juga kesiapan pengamanan.

“Pelantikan hanya dihadiri oleh pasangan calon dan istri. Sementara bagi forkompinda, DPD, keluarga, dan tokoh masyarakat, dan pihak terkait mengikuti proses pelantikan secara virtual di kabupaten/kota masing-masing,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed