Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Pacitan : Masyarakat Harus Sadar Dampak Bahayanya Covid-19. Pemerintah Juga Harus Berikan Support

Berita114 views

Pacitan- Badai pandemi global coronavirus disease covid-19, masih masif berlangsung. Setiap hari, gugus tugas menyampaikan rilis adanya penambahan warga yang terpapar virus SARS-CoV-2.

Bahkan angka kematian juga terbilang cukup tinggi, yaitu mencapai 64 orang.

Karena itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Pacitan, Lancur Susanto, kembali mengingatkan kepada masyarakat luas, agar sadar akan dampak bahayanya sebaran virus asal daratan China tersebut.

Apalagi, lanjut dia, saat ini strain baru covid-19 jenis N439K konon sudah menjalar sampai di Asia Tenggara. Bahkan merunut pemberitaan media massa, di Filipina, hampir setiap hari rata-rata ada 11 ribuan lebih warga yang terinfeksi covid-19. Baik strain B117 maupun N439K.

“Kami imbau, masyarakat harus sadar akan bahayanya infeksi virus SARS-CoV-2. Karena itu, sadarlah untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Diantaranya memakai masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan pakai sabun, dan menghindari berkerumun. Selain itu, minimalisir mobilisasi lintas daerah yang tidak perlu, dan lebih baik tetap tinggal dirumah,” kata Lancur disela-sela kegiatan kunjungan kerja di Yogyakarta, Kamis (8/4).

Dok
Dok

Lancur juga berharap, adanya sinergitas dari masyarakat dan pemerintah. Ketika masyarakat diajak untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan, tentu pemerintah dengan kemampuan anggaran yang ada, baik di pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, juga ikut mensupport.

Misalnya pemberian masker standar kesehatan secara cuma-cuma sampai ke tingkat kepala keluarga (KK). “Masker ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Bagi kalangan ekonomi menengah atas, dengan membeli masker senilai Rp 5 ribu, mungkin hal kecil.

Akan tetapi bagi masyarakat menengah kebawah, tentu akan sangat membebani. Apalagi sudah hampir setahun ini, perekonomian masyarakat sedikit mengalami perlambatan sebagai dampak pandemi global,” jelasnya.

Dengan dukungan dari pemerintah, Lancur sangat meyakini, bakal lebih masif lagi dalam memutus mata rantai sebaran covid-19. “Protokol kesehatan wajib dilaksanakan. Namun dukungan pemerintah juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed