Pemerintah Beri Kelonggaran Perjalanan Lebaran Terhadap Kawasan Aglomerasi

Berita142 views

Pacitan- Pemerintah masih memberikan kelonggaran bagi beberapa daerah yang masuk kawasan aglomerasi, untuk melakukan perjalanan saat mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021 nanti.

Meski tegas meniadakan mudik lebaran, sebagai antisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi covid-19, akan tetapi bagi kawasan aglomerasi masih mendapat dispensasi khusus dari pemerintah.

Kawasan aglomerasi dimaksud adalah, pengumpulan atau pemusatan lokasi dalam kawasan tertentu.

Merujuk Permenhub Nomor PM 13 Tahun 2021, dijelaskan ada 36 kota dalam delapan wilayah aglomerasi yang boleh melakukan perjalanan.

Rinciannya adalah sebagai berikut, Medan meliputi Binjai, Deliserdang, dan Karo-karo. Jabodetabek meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Kemudian Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat. Kemudian Jogja Raya diantaranya Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul.

Wilayah Demak sepeti Ungaran, dan Purwodadi. Dan Solo Raya seperti Kota Solo, Sukoharjo, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen.

Lantas untuk kawasan tapal kuda, Jatim, seperti Gresik, meliputi Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo.

Lain itu Makassar, seperti Sungguminasa, Takalar dan Maros.

Langkah pemerintah meniadakan mudik lebaran, semata-mata untuk meminimalisir terjadinya lonjakan kasus covid-19. Yang mana hampir bisa dipastikan, setiap usai momen liburan, angka positif rate covid-19 terus melonjak.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pacitan, Wasy Prajitno, menegaskan, sekalipun belum ada pemberitahuan tersurat dari pusat, namun sebagai wakil pemerintah di daerah, organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpinnya sudah mulai melakukan persiapan-persiapan.

“Sehingga nanti ketika sudah ada pemberitahuan resmi dari pusat, kami yang didaerah, langsung menindaklanjuti,” ujarnya, Jumat (9/4).

Wasy menegaskan, akan lebih terkonsentrasi dengan keselamatan transportasi saat momen lebaran nanti. “Kami juga persiapkan perangkat yang ada mulai sekarang,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed