Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Berikan Pelayanan Tercepat Secara Nasional Pada Program PTSL

Berita195 views

Pacitan- Tak salah jika pemerintah pusat melalui Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memberikan penghargaan sangat membanggakan kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, khususnya dalam hal pelaksana terbaik program pendaftaran tanah sertifikat lengkap (PTSL).

Selain sangat cepat, dari batas yang ditentukan dalam penerbitan sertifikat, juga cakupan desa yang sangat luas. “Tahun 2020 lalu, pelayanan di Kabupaten Pacitan paling cepat se Indonesia. Pada September proses PTSL sudah selesai semuanya,” kata Kasie Penetapan Hak dan Pendaftaran, Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Arif Kurniawan, Selasa (13/4).

Menurut pejabat yang akrab disapa Wawan ini, pelayanan cepat bukan hanya di tahun lalu. Namun hingga April tahun ini sedikitnya sudah ada 28.719 sertifikat yang telah terbit.

“Kuota PTSL kita di Tahun 2021 sebanyak 62 ribu bidang. Akan tetapi pada bulan April ini sudah diserahterimakan sebanyak 28.719 sertifikat kepada masyarakat. Dan selebihnya akan diserahkan pada September nanti.

Padahal menurut schedule waktu yang ada, output dari PTSL ini bisa diselesaikan sampai Desember nanti. Namun kami berusaha bisa memberikan pelayanan tercepat,” jelasnya.


Sementara itu, lanjut Wawan, untuk nilai desa lengkap (NDL), Kabupaten Pacitan, juga masuk peringkat tertinggi. Baik tingkat provinsi maupun nasional.

Apalagi dari 10 desa yang disorongkan sebagai NDL, delapan diantaranya sudah melaksanakan deklarasi. Ke delapan desa tersebut meliputi, Desa Tegalombo, Kemuning, Kecamatan Tegalombo.

Selain itu juga Desa Ngromo, Kecamatan Nawangan, Desa Katipugal, Desa Gawang, Kecamatan Kebonagung, Desa Sendang Kecamatan Donorojo dan Desa Punung, Kecamatan Punung.

“Di Pacitan ini ada 166 desa dan lima kelurahan. Seluruhnya harus tuntas sampai Tahun 2025 nanti, sebagaimana yang diharapkan Presiden Jokowi,” pungkasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed