Belum Turun SK Penetapan, TPG Guru Dikdas Di Pacitan Masih Beku

Berita432 views

Pacitan- Tunjangan Profesi Guru (TPG) bagi guru pendidikan dasar di Kabupaten Pacitan, pada triwulan pertama tahun anggaran 2021, tak kunjung cair.

Ribuan guru masih menunggu turunnya penatapan dari Kementerian Pendidikan Nasional, agar hak tunjangannya bisa segera terealisasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Daryono, mengatakan, saat ini data bayar TPG belum bisa diproses. Mengingat surat keputusan (SK) penetapan pemberian TPG masih dalam proses di Kementerian Pendidikan.

“Kita masih menunggu SK. Setelah itu baru akan ada penatapan. Dari situ akan bisa dilihat seberapa besar anggaran yang diperlukan untuk membayar TPG,” kata Daryono, Senin (19/4).

Menurut Daryono, belum cairnya TPG tidak ada sangkut pautnya dengan perubahan aplikasi penatausahaan keuangan daerah. “Kita hanya tinggal menunggu SK dan penetapan. Setelah itu anggaran baru ditransfer ke daerah oleh pemerintah pusat. Jadi nggak ada kaitannya dengan perubahan aplikasi penatausahaan keuangan daerah,” jelas mantan Inspektur Pembantu, Inspektorat Kabupaten Pacitan ini.

Setelah terbit SK dan penetapan dari Kementerian Pendidikan, baru akan dibuat data bayar. Baik itu surat permintaan pembayaran (SPP) maupun surat permintaan membayar (SPM) hingga terbitnya surat perintah pembayaran dana (SP2D).

“Insyaallah pekan ini sudah bisa berproses. Semua guru calon penerima TPG, kami harap untuk bersabar,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed