Emansipasi Wanita : Ketua PCNU Pacitan Tegaskan Tetaplah Berbakti Kepada Suami. Silakan Bermuamalah Dalam Batasan Sebagai Wanita

Berita176 views

Pacitan- Emansipasi yang menjadi ruh perjuangan Raden Ajeng Kartini, terlaksana sudah.

Kini di era modern seperti sekarang ini, tak ada lagi diskriminasi gender, antara kaum Adam dan Hawa. Semua memiliki kesamaan hak dan juga kewajiban.

Tak sedikit kaum Hawa yang sukses berkarir diberbagai bidang. Bukan hanya sebagai kepala daerah atau pejabat birokrasi, namun juga ada anggota kabinet serta menjadi presiden di negara tercinta ini.

Bahkan salah satu Kartini Indonesia, yaitu Sri Mulyani Indrawati, pernah menjadi Direktur Bank Dunia. Ini sebagai salah satu bukti emansipasi wanita yang terus bergelora.

Lantas bagaimana pandangan Islam terhadap emansipasi wanita yang didengungkan RA Kartini tersebut?

Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pacitan, Al Mukaromah KH Mahmud menegaskan, Islam selalu memberikan kesempatan kepada kaum Hawa untuk bermuamalah. Namun dalam koridor, kodrat yang disandangnya.

“Islam itu indah. Agama Islam memberikan kebebasan kepada para wanita untuk bermuamalah namun dalam batas kodratnya sebagai wanita,” kata kyai yang juga dipercaya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Pemkab Pacitan ini, menyampaikan pendapat tentang emansipasi wanita seiring momentum peringatan Hari Kartini, Rabu 21 April.

Mahmud lantas menegaskan sebuah dalil yang berbunyi, “Arijalu qowamuna alan nisa”. Bagaimanapun juga, kata KH Mahmud, lelaki adalah sebagai pelindung, pembimbing sekaligus “imam” bagi kaum wanita.

“Silakan bagi kaum Hawa untuk berkarir setinggi apapun, namun jangan sampai meninggalkan kodratnya sebagai seorang istri dan ibu dari anak-anaknya.

Setinggi apapun karir atau prestasi yang diraih seorang wanita, tetaplah ia sebagai makmum atas suaminya. Ingatlah, surga seorang istri, ada ditelapak kaki suami. Tetap berbaktilah pada suami, setinggi apapun prestasi yang diraih oleh seorang istri,” pesannya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed