Wabup Gagarin Punya Harapan Bisa Mengintegrasikan Seluruh Layanan Kesehatan Dengan Rumah Sakit Umum Daerah

Uncategorized148 views

Pacitan-Wakil Bupati Pacitan terlantik, Gagarin, punya harapan besar untuk bisa mengintegrasikan seluruh layanan kesehatan di level kecamatan sampai pada tingkat upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM), dengan rumah sakit daerah.

Dengan begitu, masyarakat atau pasien akan lebih mudah, cepat dan murah dalam mendapatkan pelayanan dasar, utamanya dibidang kesehatan.

Tak hanya itu, Gagarin juga punya mimpi, agar kedepan disetiap kecamatan bisa berdiri rumah sakit-rumah sakit tipe D.
“Dengan terintegrasinya seluruh layanan kesehatan dan rumah sakit, tentu akan lebih mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dasar dibidang kesehatan,” ujar mantan pimpinan DPRD Pacitan ini, Rabu (28/4).

Akan tetapi, lanjut Gagarin, untuk bisa mengimplementasikan harapannya itu, memang dibutuhkan komitmen tinggi dari semua pihak.

Baik personil di puskesmas, UKBM dan rumah sakit daerah. “Jadi bukan hanya pasien yang hendak dirujuk, yang dikomunikasikan dengan rumah sakit. Tetapi pasien secara umum, diharapkan sudah ada komunikasi dengan layanan kesehatan diatasnya.

Sehingga ketika pasien memang diperlukan untuk dirujuk, pihak rumah sakit sudah memiliki rekam medik lebih awal. Tentu kalau sudah terintegral semacam ini, pelayanan akan lebih cepat. Dan harapan pasien untuk sembuh juga lebih besar,” tuturnya.

Kemudian pada teknis mengantar pasien rujukan, menurut Wabup yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Pacitan ini, tenaga kesehatan pendamping diharapakan ada pendekatan dengan pihak rumah sakit.

“Jadi petugas kesehatan pendamping tidak sekedar mengantar. Namun juga harus memastikan ketersediaan kamar rawat inap, bagaimana kesiapan dokter, hingga memberikan pemahaman kepada keluarga.

Kalau ini bisa terlaksana, pasien dan keluarganya akan merasa nyaman,” jelasnya.

Lain itu, Gagarin juga berpesan kepada layanan kesehatan di level kecamatan bahkan desa, untuk memberikan persuasif kepada masyarakat, terkait kemampuan rumah sakit daerah untuk menerima dan merawat pasien rujukan. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed