Bupati Aji: Pancasila Lahir Sebagai Simbol Negara

Uncategorized129 views

Pacitan- Seiring peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2021, Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, menyampaikan ucapan khusus kepada khalayak luas.

Menurut bupati yang akrab disapa Aji ini, Pancasila lahir menjadi simbol negara Indonesia sebagai perwujudan dari keberagaman yang ada.

“Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021,” kata Bupati Aji, melalui postingan di akun Instagram, @inb_indratanurbayuaji.

Sementara itu, lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan”) pada tanggal 1 Juni 1945.

Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI. Sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari lahirnya Pancasila. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed