Bupati Aji: Air Bersih Menjadi Persoalan Mendasar Yang Harus Dicarikan Jalan Penyelesaiannya

Uncategorized102 views

Pacitan- Krisis air bersih di wilayah barat Kota Pacitan, masih menjadi langganan setiap musim kemarau tiba. Misalnya saja seperti di Kecamatan Donorojo.

Bagi masyarakat setempat, air bersih kerap menjadi persoalan. Kecamatan yang berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah itu hampir setiap kemarau melanda sebagian besar wilayahnya mengalami kekeringan.

“Donorojo ini sudah ditunjuk sebagai kawasan karst dan sebenarnya kawasan karst itu teorinya miskin air di atas tapi kaya sumber air di bawah,” terang Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Donorojo, Senin (07/06).

Dihadapan para kades yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kecamatan Donorojo, Mas Aji memahami betul yang menjadi persoalan sebagian besar masyarakat di wilayah Pacitan barat itu. Air bersih menurutnya menjadi permasalahan mendasar yang harus dicarikan penyelesaianya.

Mantan legislator itu juga sadar jika menemukan sumber air dengan debit besar bukanlah perkara mudah. Perlu ada perencanaan yang matang agar tidak menjadi program yang sia-sia. Guna menjawab persoalan tersebut tandas bupati, harus ada penanganan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Seperti yang sudah dilaksanakan sejauh ini, penanganan jangka pendek adalah dengan melakukan droping air bersih. Sedangkan untuk jangka menengah perlu adanya bak tampungan yang berfungsi sebagai penampung air saat hujan. Meski persediaan bak penampung hanya cukup untuk kebutuhan dasar namun cara ini cukup efektif. Sedangkan untuk penanganan jangka panjang perlu adanya eksplorasi sumber-sumber air alam yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat. Dan yang tidak kalah penting adalah konservasi sumber air.

“Jika bisa dipastikan ada sumber air dengan debit besar kenapa tidak. Tapi jika sudah dibiayai banyak-banyak tapi ternyata hasilnya tidak ada maka akan sia-sia,” sambungnya.

Sebelum silaturahmi dengan FKKD, Mas Aji beserta istri, Efi Suraningsih terlebih dahulu mengunjungi warga-warga kurang beruntung di wilayah Kecamatan Donorojo. Selain untuk mengetahui kondisi secara langsung, Mas Aji juga menyerahkan sejumlah bantuan.(red/humas/yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed