Bupati Aji Beri Apresiasi Tinggi Pada Dinas Perikanan, Atas Inovasinya Kembangkan Budidaya Ikan Lele Ditengah Wabah Covid-19

Uncategorized152 views

Pacitan- Upaya Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan dalam rangka melakukan rintisan budidaya ikan lele di Desa Gelinggangan, Kecamatan Pringkuku, mendapat apresiasi tinggi dari Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji.

Untuk itu, orang nomor satu di Pemkab Pacitan tersebut, bersama Wakil Bupati Gagarin, melakukan tinjau lapangan langsung ke kolam budidaya lele.

Mereka ingin melihat secara dekat keberhasilan kelompok masyarakat dalam mengembangkan budidaya ikan lele.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan, Sumoro Hadi mengatakan, Desa Glinggangan merupakan wilayah yang memiliki potensi sumber air, yang mengalir sepanjang tahun.

Air tersebut, disamping digunakan untuk konsumsi air bersih, sebagian juga untuk irigasi sawah. Mengingat debit air yang begitu besar, akhirnya banyak juga air yang terbuang mubazir.

“Melihat potensi itulah, Dinas Perikanan berinisiatif mengarahkan masyarakat untuk budidaya ikan air tawar. Akhirnya masyarakat membentuk kelompok budidaya yang awalnya hanya 1 kelompok, dengan anggota 10 orang

Saat ini sudah berkembang menjadi 5 kelompok. Berikutnya akan dikembangkan terus oleh kepala desa hingga ke semua dusun,” kata Sumoro Hadi, Rabu (16/6).

Sebagai stimulan awal, Dinas Perikanan memberikan bantuan paket kolam lengkap berupa terpal, benih, pakan, induk’an, dan pendampingan teknis.

Melihat perkembangannya yang cukup bagus, maka untuk penguatan kegiatan budidaya telah di bangun juga pipanisasi untuk mengalirkan air dari sumber air ke kolam-kolam warga.

“Alhamdulillah dengan kesungguhan dan semangat warga masyarakat, kini telah mendapatkan keuntungan dari hasil budidaya lele tersebut. Dari hasil penjualan panen maupun dari pemancingan, diharapkan nanti Desa Glinggangan menjadi kampung lele dan masyarakat bisa mendapatkan tambahan penghasilan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Indrata Nur Bayuaji mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Gelinggangan, dan kelompok budidaya ikan lele Mina Wedana, atas inovasinya mengembangkan budidaya lele untuk peningkatan ekonomi dimasa pandemi covid-19.

“Saat ini ekonomi masyatakat sangat sulit. Akan tetapi masyarakat Gelinggangan masih bisa berupaya meningkatkan pendapatan melalui gerakan budidaya lele. Semoga ini bisa berkembang terus dan bahkan nanti bisa di contoh oleh desa-desa lainnya,” tutur Bupati Indrata. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed