Berdayakan UMKM, Mas Aji Ajak Manfaatkan Produk Lokal

Pacitan- Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji getol mempromosikan hasil produk UMKM lokal. Ia berharap agar masyarakat banyak memanfaatkan produk dari daerah sendiri.

Hal itu ia lakukan sebagai upaya untuk memberdayakan UMKM dan menggerakkan ekonomi masyarakat

“Dalam rangka memberdayakan UMKM dan menggerakkan ekonomi masyarakat, saya telah menginstruksikan seluruh perangkat daerah di Kabupaten Pacitan untuk memprioritaskan penggunaan produk lokal Pacitan dan mempromosikan produk lokal Pacitan,” tulis bupati yang akrab disapa Aji ini, melalui akun Instagram, @inb_indratanurbayuaji.

Aji menegaskan, Kabupaten Pacitan adalah daerah yang memiliki kekayaan alam sangat melimpah. Baik potensi pertanian, kelautan, ekraf, dan lainnya. Begitu juga sektor UMKM yang mengolah potensi tersebut sudah mulai bergerak.

“Untuk itu sudah seharusnya kita mensupport produk-produk UMKM yang mengolah potensi lokal sehingga akan tercipta sinergi antara hulu dan hilir yang pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Pacitan secepatnya.

Saya berharap nantinya dikantor-kantor pemerintah dalam setiap kegiatan akan dihidangkan kopi Pacitan, wedang jahe, wedang uwuh, kunir asem, dengan gula aren/gula kelapa dan makanan khas Pacitan lainnya,” sambungnya.

Lebih lanjut, Bupati Aji mengatakan, kegiatan fisik konstruksi dalam perencanaannya menggunakan batu bata maupun genteng produk Pacitan, serta pakaian seragam dan aksesoris, juga menggunakan produk pembatik dan pengrajin lokal Pacitan, serta tetap memperhatikan peraturan yang berlaku.

“Untuk teknisnya para pelaku UMKM dapat berkoordinasi dengan dinas Perindustrian dan Perdagangan, atau berkoordinasi dengan masing-masing organisasi perangkat daerah yang ada,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed