IDI Pacitan Tegaskan, Varian Delta Lebih Cepat Menular. Kasus Kematian Meningkat Sebagai Dampak Sistem Kesehatan Over Load

Uncategorized110 views

Pacitan- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pacitan, pastikan kalau strain baru covid-19 jenis delta sudah masuk ke Indonesia.

Sebagai bukti, telah ditemukannya pasien positif covid-19 jenis delta yang mencapai ratusan orang di Jakarta dan juga di Bangkalan, Madura. Ini sebagai bukti, kalau pandemi global coronavirus disease covid-19 belum usai, atau bahkan kian menjadi.

Sekretaris IDI Kabupaten Pacitan, Johan Tri Putranto menegaskan, strain jenis delta ini, merujuk hasil penelitian yang dilakukan WHO, 50 persen lebih cepat menular. “Namun dari hasil penelitian, belum terbukti kalau covid-19 jenis delta lebih membahayakan,” kata Johan, Senin (21/6).

Lantas kenapa, kasus kematian terus meningkat seiring masuknya strain delta tersebut? Dokter yang juga dipercaya sebagai Kepala UPT Puskesmas Gondosari Kecamatan Punung Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan ini menegaskan, kasus kematian meningkat itu lebih disebabkan melonjaknya positif rate sebagai dampak dari memburuknya protokol kesehatan.

“Positif rate meledak, sehingga sistem kesehatan mengalami over load. Banyak pasien yang lambat tertangani, karena sistem kesehatan yang sudah terlampau kewalahan.

Seperti kasus di Kudus misalnya. Pasien masuk UGD belum sampai 24 jam akhirnya wafat. Itu sebagai dampak dari sistem kesehatan yang sudah over load,” bebernya.

Untuk langkah preventifnya seiring masuknya serangan delta ke Indonesia, Johan menegaskan 5 M plus, harus lebih disiplin dilakukan. Yaitu selalu memakai masker, menjaga jarak fisik, cuci tangan pakai sabun, hindari berkerumun, dan minimalisir mobilisasi lintas daerah.

“Apapun jenisnya atau varian virus SARS-CoV-2, yang utama 5 M plus, cakupan vaksinasi dan 3T (tracing, testing dan treatment) harus tetap dilaksanakan. Jangan sampai protokol kesehatan ambruk,” pesannya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed