Waspada, Kasus Covid-19 Confirm Meledak, Oxygen Medis Mulai Langka

Uncategorized182 views

Pacitan- Melonjaknya kasus covid-19 confirm, banyak rumah sakit di Jawa Tengah, kewalahan untuk penyediaan oxigen medis.

Namun untuk kawasan Jawa Timur, termasuk Pacitan, sementara masih pada titik aman, sekalipun masuk tahapan kritis.

Sebab jumlah pesanan yang diminta, banyak tereduksi oleh pihak distributor. “Suatu misal, mereka order 50 tabung, paling banter hanya diberi 40 tabung,” kata salah seorang agen Oxygen medis di Pacitan, Gatot Susilarjo, Jumat (25/6).

Menurut Gatot, kelangkaan oxygen media itu, disebabkan tingginya permintaan dari banyak rumah sakit, utamanya di Jateng. Sementara disisi lain, bahan baku berupa liquid sangat terbatas. “Pada kondisi normal kebutuhan rata-rata sekitar 1,2 juta meter kubik. Sementara produksi 1,5 juta kubik. Sehingga masih ada sisa atau cadangan.

Saat ini, permintaan melonjak mencapai 5 juta meter kubik. Dan produksi hanya dikisaran 1,5 juta meter kubik. Tidak seimbangnya supply and dimen, memicu terjadinya kelangkaan,” jelas pengusaha asal Kecamatan Ngadirojo ini pada pewarta.

Saat ditanya, mengapa Jatim masih terbilang aman, Gatot memprediksi, lonjakan kasus terkonfirmasi covid-19 hanya terjadi di satu kabupaten, yaitu Bangkalan. “Kalau sampai ada tiga kabupaten/kota yang mengalami ledakan kasus covid-19 confirm, bisa jadi juga akan terjadi kelangkaan,” tuturnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed