Ini Arahan GTPP covid-19 Pemkab Pacitan Saat Menyembelih Hewan Qurban

Uncategorized148 views

Pacitan- Sepekan lagi, hari raya qurban bakal berlangsung. Seperti adat atau tradisi yang sudah berlangsung, tak sedikit umat muslim yang menyembelih hewan qurban dan kemudian dibagikan kepada yang berhak menerima.

Karena itu, gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkab Pacitan, memberikan imbauan kepada para juru sembelih halal (Juleha) untuk benar-benar disiplin melaksanakan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka mengatakan, pada prinsipnya tak harus para Juleha itu divaksin sebelum melakukan penyembelihan hewan qurban. “Yang harus mereka perhatikan, tetap jalankan protokol kesehatan. Utamanya pakai masker, bila mana perlu pakai handscon.

Itu diharapkan agar tidak terjadi transmisi virus baik secara langsung ataupun tidak langsung,” kata dokter yang akrab disapa Hendra ini, Selasa (13/7).

Pada kesempatan yang sama, dokter yang pernah mendapat kesempatan tugas belajar ke Amerika Serikat ini mengingatkan, saat penyembelihan hewan qurban berlangsung, tetap jaga jarak fisik dan hindari banyak kerumunan. Paling banyak diupayakan 30 orang. Atau bahkan bisa lebih diminimalisir lagi.

Selain itu, peralatan yang digunakan untuk menyembelih maupun wadah daging yang hendak dibagikan, harus benar-benar steril. “Kita harus antisipasi, jangan sampai keluarga yang dirumah terpapar virus SARS-CoV-2, karena keteledoran pada saat menyembelih ataupun membagikan daging,” jelas Hendra. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed