GTPP Covid-19 Pemkab Pacitan Sudah Laksanakan Imbauan Presiden Mengenai Optimalisasi Rumah Sakit Untuk Tangani Pasien Covid-19 Confirm

Uncategorized107 views

Pacitan- Gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkab Pacitan, sejauh ini sudah melaksanakan imbauan Presiden RI Joko Widodo, terkait optimalisasi ruang-ruang perawatan di rumah sakit bagi pasien covid-19 confirm.

Menurut pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, sampai detik ini kurang lebih hampir sekitar 40 persen kapasitas rumah sakit, digunakan untuk menampung pasien covid-19 confirm. “Sudah banyak ruang-ruang perawatan di rumah sakit yang detik ini dimanfaatkan untuk menangani pasien covid-19 confirm.

Seperti ruang bedah, ruang syaraf, ruang THT dan sebagainya. Jelasnya coba konfirmasi sama direktur RSUD,” kata dokter yang akrab disapa Hendra ini melalui ponselnya, Selasa (20/7).

Selain optimalisasi ruang perawatan di RSUD, saat ini juga sudah mulai dibangun kerjasama dengan rumah sakit ataupun klinik swasta untuk menangani pasien covid-19 confirm.

“Kita juga sudah membuka komunikasi dengan rumah sakit atau klinik swasta. Pak bupati sudah membuka wacana tersebut. Dan saat ini sudah on proses, tinggal menunggu landasan aturannya,” jelas Hendra.

Beberapa rumah sakit partikelir yang mulai membuka keran komunikasi tersebut, seperti Rumah Sakit Agung Mulia dan Medika Mandiri.

Masih menurut Hendra, untuk pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus SARS-COV-2, memang semua pembiayaan ditanggung oleh negara. Namun bagi yang menjalani perawatan di rumah sakit swasta, tentu ada biaya-biaya tertentu yang harus pasien penuhi. “Gratis tapi tidak semuanya gratis. Ada yang harus ditanggung sama pasien, kalau mereka menjalani perawatan di rumah sakit swasta,” tutur Hendra. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed