Tak Semua Oksigen Bisa Digunakan Oleh Dunia Kesehatan. Ini Penjelasannya

Uncategorized151 views

Pacitan- Kelangkaan oksigen medis yang tengah berlangsung hingga detik ini, membuat pasien atau keluarganya nyaris patah arang.

Tanpa pikir panjang, yang penting oksigen, bisa jadi tetap digunakan dengan harapan akan bisa mengatasi sesak nafas yang dialami.

Namun hal tersebut sedikit disangkal oleh salah seorang penyalur oksigen medis di Pacitan, Gatot Susilarjo.

Menurut Gatot, tidak semua oksigen bisa digunakan untuk penanganan medis. Namun harus benar-benar oksigen yang memiliki kandungan 02 antara 92 hingga 97 persen. “Kalau oksigen yang dihasilkan dari asal kompresor, itu tidak dianjurkan untuk pasien yang mengalami penurunan saturasi. Sebab kadar O2’nya hanya kisaran 20 persen. Kalau dipaksakan justru akan berdampak terhadap kondisi pasien,” kata Gatot, Selasa (20/7).

Ia menjelaskan, untuk standar medis, setidaknya oksigen yang dihasilkan oleh alat yang namanya oksigen konsentrator. “Kalau hanya dari kompresor, itu tidak layak untuk penanganan medis. Sebab kadar O2’nya tidak memenuhi standar minimal untuk pasien,” jelasnya.

Lantas bagaimana dengan oksigen yang digunakan untuk las? Menurut Gatot, justru itu yang benar. Sebab kadar 02’nya sudah memenuhi standar dunia kesehatan. Yaitu antara 92-97 persen. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed