Miris, Anggota DPRD Yang Mangkat Tak Mendapatkan Pensiun. Ini Penjelasan Sekwan Pacitan

Uncategorized162 views

Pacitan- Miris rasanya mendengar tidak adanya hak pensiun bagi anggota DPRD kabupaten/kota, yang berhalangan tetap ditengah masa jabatan. Padahal untuk bisa melenggang ke gedung dewan, tak sedikit biaya politik yang harus mereka keluarkan.

Menurut Sekretaris DPRD Kabupaten Pacitan, Rudi Haryanto, bagi anggota DPRD yang mangkat dalam masa jabatan berlangsung, hanya akan mendapatkan uang duka dan uang purna tugas. “Ya hanya itu, uang duka dan uang purna tugas. Tidak ada uang pensiun,” kata mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan ini, Kamis (22/7).

Rudi mengatakan, untuk uang duka diberikan sebesar Rp 2,5 juta. Dan uang purna tugas diberikan sesuai masa jabatan yang pernah dilaksanakan. “Jadi misalnya yang bersangkutan menjabat selama dua tahun, lalu berhalangan tetap, itu hanya akan mendapatkan uang purna tugas sebanyak tiga kali uang representasi,” jelasnya.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, memang pernah ada satu anggota DPRD yang berhalangan tetap, namun kabar terdengar mendapatkan pensiun.

Kabar tersebut bisa dibilang salah, juga bisa dibilang benar. Soal uang pensiun, memang benar diterima oleh ahli waris almarhum.

Namun bukan karena ia sebagai anggota DPRD. “Jadi sebelum menjadi anggota dewan, yang bersangkutan pernah menjadi PNS dan sudah pensiun. Sehingga pensiun dimaksud adalah pensiun sebagai PNS. Bukan sebagai anggota DPRD,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed