Banyak Nakes Terpapar Coronavirus, Tiga UPT Puskesmas di Pacitan Harus Tutup Sementara

Uncategorized158 views

Pacitan- Inalillahi, banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar virus SARS-CoV-2, mengharuskan beberapa UPT Puskesmas di Kabupaten Pacitan, menutup pelayanan sementara. Khususnya rawat inap ataupun rawat jalan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, mengatakan, ada tiga UPT Puskesmas yang harus tutup sementara.

Ketiga pusat layanan kesehatan masyarakat tersebut, seperti UPT Puskesmas Punung, Kecamatan Punung, UPT Puskesmas Jeruk, Kecamatan Bandar dan UPT Puskesmas Sudimoro, Kecamatan Sudimoro. “Ketiga puskemas tersebut harus tutup sementara, mengingat banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar covid-19,” kata dokter yang pernah mendapat amanah tugas belajar ke Amerika Serikat ini, Ahad (25/7).

Menurut dokter yang akrab disapa Hendra tersebut, diharapakan penutupan layanan kesehatan itu tak lebih dari lima hari kerja. “Namun kita tetap situasional. Harapan kita, paling lama lima hari. Semoga para tenaga kesehatan kita segera sembuh dari paparan coronavirus,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Hendra juga berpesan agar masyarakat yang saat ini tengah sakit atau yang masih sehat, untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Utamanya 5M, yaitu selalu memakai masker, menjaga jarak fisik dan menghindari berkerumun, sesering mungkin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan minimalisir mobilisasi lintas daerah.

Tinggal dirumah, itu paling aman dan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan covid-19. “Kami imbau, masyarakat jangan sampai sakit. Sayangi diri dan keluarga anda dari infeksi virus SARS-CoV-2. Tetap jalankan protokol kesehatan sesuai imbauan gugus tugas,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed