Pemkab Pacitan Belum Memiliki OPD Yang Punya Tusi Terkait Tempat Pemakaman Umum

Pacitan- Kasus kematian gegara coronavirus di Kabupaten Pacitan, sempat terjadi ekskalasi cukup tinggi.

Namun begitu, sejauh ini Pemkab Pacitan belum memiliki satuan kerja yang menaungi urusan pemakaman umum, terutama berkaitan dengan tempat pemakaman.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Pacitan, Joni Maryono mengakui organisasi perangkat daerah (OPD) yang ia nahkodai, tidak memiliki tugas dan fungsi (tusi) mengenai tempat pemakaman umum. “Apakah tugas pokok dan fungsi tempat pemakaman umum tersebut ada di kami (DLH), Dinas Sosial atau Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, sejauh ini memang belum ada kejelasan,” kata Joni, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Ahad (25/7).

Menurut Joni, persoalan tersebut bisa dibilang hal sepele, namun sejatinya itu urusan sangat prioritas. Apalagi ditengah pandemi global coronavirus disease covid-19 ini. Dimana angka kematian terus meningkat. “Ada beberapa kabupaten/kota yang memasukkan tusi tempat pemakaman umum di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Sementara di Pacitan, DKP sudah dilikuidasi sejak lama.

Berbeda dengan taman makam pahlawan, yang masuk ke salah satu bidang di Dinas Sosial,” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro, belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi melalui telepon selulernya, namun sedang berada diluar jangkauan. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed