PLT Kadinkes Pacitan Sebut, Isoter Hanya Sebuah Istilah. Maknanya Sama Dengan Karantina Di Wisma Atlet

Uncategorized172 views

Pacitan- Gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkab Pacitan, belum menentukan skenario pasti mengenai pelaksanaan isolasi terpusat (isoter) bagi pasien covid-19 confirm tertentu, sebagaimana keputusan yang disampaikan gugus tugas nasional.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, mengatakan, sampai detik ini terkait pelaksanaan isoter masih dalam proses pembahasan.

Begitupun mengenai rumah sakit lapangan yang hendak dijadikan isoter bagi pasien covid-19 confirm. “Kita masih bahas bersama Pak Bupati dan elemen gugus tugas lainnya,” kata dokter yang akrab disapa Hendra ini, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Senin (2/8).

Meski belum ada implementasi riil isoter, Hendra menyebut, sejatinya itu hanya penyebutan atau istilah saja yang berbeda. Isoter, lanjut Hendra, sebenarnya sudah dilaksanakan sejak awal kali muncul pandemi global coronavirus disease covid-19, setahun lalu. Yaitu pemanfaatan wisma atlet sebagai lokasi karantina.

“Sebenarnya isoter atau karantina itu hanya sebuah istilah saja. Namun pelaksanaannya sama. Kita sejak setahun lalu sudah melaksanakan. Yaitu di wisma atlet,” jelasnya.

Sementara mengenai rumah sakit lapangan, Hendra juga menyebut itu sebagai istilah atau sama dengan isoter. Menurut Hendra, rumah sakit itu ada rujukan dan juga ada lapangan. “Ya maknanya hampir sama. Dan kita sudah laksanakan itu. Hanya sekarang istilahnya berganti menjadi rumah sakit lapangan,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed