Ditengah Badai Pandemi Covid-19, Dunia Otomotif Justru Melejit. Ini Kisahnya

Pacitan- Ditengah terpaan badai pandemi global coronavirus disease covid-19, dunia otomotif kembali menggeliat. Khususnya mobil-mobil besutan puluhan tahun silam.

Seperti misalnya, Honda Genio. Gerobak besi yang sempat mengantarkan penyanyi kondang Nike Ardilla melayang ke akhirat, dalam sebuah kecelakaan tunggal pada Tahun 1992 silam itu, kini banyak diburu kolektor. Terlebih yang jenis automatic transmision.

Menurut salah seorang kolektor mobil tua di Kabupaten Pacitan, Frendy Prada, saat ini beberapa mobil jenis sedan besutan tahun 1990’an, memang banyak diburu penggemar. Seperti halnya Honda Estilo, Corola KE 30 dan yang paling booming adalah Honda Genio.

“Soal harga memang sudah tak ada patokan lagi. Bergantung siapa yang jual dan siapa yang beli. Selain itu kondisi fisik kendaraan juga sangat menentukan soal harga,” kata Frendy, Kamis (9/9).

Lebih lanjut kolektor berpenampilan maco ini mengungkapkan, kenapa harga Honda Genio saat ini terus melejit? Salah satu alasannya, Honda Genio, utamanya yang otomatis transmisi hanya dijual terbatas di Indonesia, kala itu.

Jumlahnya, lanjut dia, tak lebih dari 500’an unit. “Awalnya jenis matic ini kurang diminati oleh konsumen Indonesia. Namun sekarang, justru banyak diburu para kolektor. Apalagi kondisi barang yang masih layak pakai, paling tak lebih dari 200’an unit diseluruh Indonesia,” bebernya.

Lantas berapa harga Honda Genio matic saat ini? Frendy mengatakan, semua bergantung kesepakatan penjual dan pembeli.

Meski kalau dilihat dari harga pasaran, untuk Genio matic besutan Tahun 1992 up, kurang lebih sekitar Rp 40 juta. Itu yang tipe manual. Kalau untuk matic sekitar Rp 50 jutaan.

Bahkan jangan heran, kalau mobil milik almarhumah Nike Ardilla yang sempat hancur pasca kecelakaan, dan direstorasi, laku terjual sampai Rp 3 miliar. “Meski harga pasaran tak lebih dari Rp 40 jutaan, namun jangan heran kalau ada yang jual sampai ratusan juta. Semua bergantung kesepakatan,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed