Pemilu Dimasa Pandemi, Pemkab Pacitan Harus Siapkan Anggaran Cukup Besar?

Uncategorized182 views

Pacitan- Pemilu serentak memang masih tiga tahun lagi. Namun begitu, tahapan pemilihan umum, mulai dari pemilu legislatif, pemilu presiden dan pemilihan kepala daerah, akan dimulai tahun depan.

Tak ayal bila masing-masing daerah harus mempersiapkan anggaran lumayan gede. “Insyaallah sesuai petunjuk dari KPU RI, tahapan pemilu serentak akan dimulai awal Februari atau Maret 2022 nanti. Itu tahapan pemilu akan dilaksanakan,” kata Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Pacitan, Agus Susanto, Kamis (7/10).

Agus mengatakan, saat ini memang baru dilakukan persiapan-persiapan internal. Baik bagi lembaga penyelenggara pemilu sendiri ataupun partai politik calon kontestan pemilu.

“Utamanya persiapan penganggaran. Kita (KPU) sudah diperintahkan untuk melakukan koordinasi dengan Pemkab masing-masing, terutama mengenai skenario penganggaran dana hibah untuk pelaksanaan pemilu,” tutur mantan aktivis HMI ini.

Saat ditanya berapa estimasi anggaran yang dibutuhkan, ia belum bisa memberikan estimasi. Sebab detik ini masih disusun perencanaan. Yang jelas, lanjut dia, kebutuhan anggaran akan semakin membengkak dibandingkan pelaksanaan pemilu sebelumnya.

Saat Pilbup tahun lalu, Agus menyebutkan Pemkab Pacitan harus mempersiapkan anggaran sekitar Rp 29,5 miliar. Anggaran tersebut belum include dengan biaya protokol kesehatan. “Saat Pilbup lalu kan ditengah pandemi global coronavirus disease covid-19. Jadi untuk anggaran protokol kesehatan masih disubsidi pusat.

Untuk pemilu mendatang, kalau masih di masa pandemi tentu butuh biaya tambahan yang jumlahnya tidak sedikit.

Dilihat saja nanti, kalau pelaksanaan (pemilu) dimasa pandemi. Harus ditambah anggaran protokol kesehatan. Ini masih dihitung, yang jelas semakin besar,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed