Pegiat LSM Desak Bupati Aji Percepat Pengisian Kursi Pejabat Yang Lowong

Uncategorized128 views

Pacitan- Molornya pelaksanaan pergeseran gerbong mutasi pejabat lingkup Pemkab Pacitan, kembali menuai kritikan dari aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Mereka menilai, pengambil kebijakan terlalu banyak pikir-pikir untuk menentukan beleid penataan “kabinetnya”. “Seharusnya tidak seperti itu. Kalau memang sudah waktunya ya segera dijalankan. Sebab ini berkaitan dengan kinerja organisasi perangkat daerah,” kata Ketua LSM Akar Rumput, Sugeng Sumedi, Rabu (20/10).

Pada kesempatan yang sama, Sugeng juga berpesan, molornya pelaksanaan mutasi pejabat, jangan karena dilandasi kepentingan atau lobi-lobi politik.

Bupati, lanjut Sugeng, harus lebih mengedepankan azas the right man on the right place. Jangan karena suka atau tidak suka. Apalagi sampai dilatari sesuatu hal yang tidak dibenarkan dari sisi aturan.

“Pengalaman kebupaten/kota tetangga harus dijadikan media pembelajaran. Sudah banyak kepala daerah yang digulung KPK lantaran bermain-main dengan promosi jabatan. Ini jangan sampai terjadi di Kabupaten Pacitan. Kami optimis kepemimpinan Bupati Indrata Nur Bayuaji sangat profesional dan lebih mengedepankan azas profesionalisme terhadap penempatan pejabat,” tutur Sugeng.

Pada kesempatan yang sama, ia juga berpesan, bahwa belakangan banyak kursi jabatan di sejumlah OPD yang melompong. Termasuk jajaran pejabat eselon IIb atau setara kepala dinas dan badan.

Sementara saat ini baru diisi pelaksana tugas. “Karena itu secepatnya bisa dilaksanakan assessment dan seleksi terbuka untuk mencari kader terbaik yang akan ditempatkan di posisi jabatan yang masih lowong tersebut,” tegasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed