“Sat, Set, Wat, Wet” Hanya Slogan Semata? Mas Aji Dinilai Lamban Lakukan Penataan Pejabat

Uncategorized826 views

Pacitan- Pergeseran gerbong mutasi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Pacitan, memang baru sebatas wacana.

Terbukti, hingga minggu ke empat Oktober ini, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, tak segera menetapkan beleid untuk melakukan mutasi ataupun pengisian sejumlah kursi jabatan yang lowong.

Tentu hal tersebut banyak memunculkan spekulasi besar di kalangan masyarakat. Terlebih dengan slogannya, “Sat, Set, Wat, Wet”, namun realita yang terjadi, keponakan Presiden ke enam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu terkesan gamang dan ragu-ragu.

Merujuk informasi yang diterima awak media, konon Pemkab Pacitan sudah melakukan koordinasi lintas kementerian mengenai rencana mutasi ataupun promosi jabatan. Baik dengan Kemendagri, Kemen PAN-RB maupun dengan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN).

Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan Daerah, Supomo, mengatakan soal mutasi pejabat, itu sepenuhnya hak prerogatif Pemkab Pacitan dalam hal ini bupati. “Soal itu (mutasi) semua kewenangan beliau (bupati),” kata Supomo, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Rabu (27/10).

Pejabat jebolan sekolah kedinasan ini menegaskan, ditinjau dari sisi aturan, sebenarnya bupati terlantik sudah bisa melaksanakan kebijakan mutasi pejabat.

“Kalau ditinjau dari UU Kepemiluan, bupati dilantik pada 6 April lalu. Paling cepat selama enam bulan paska pelantikan, sudah bisa melaksanakan kebijakan mutasi ataupun promosi pejabat. Sekarang kan sudah tanggal 27 Oktober.

Namun sekali lagi, mutasi itu sepenuhnya kewenangan pemkab, yaitu bupati,” jelasnya.

Saat ditanya kebenaran sudah dilaksanakannya koordinasi lintas kementerian mengenai rencana pergeseran gerbong mutasi pejabat, Supomo menegaskan, hampir setiap hari pihaknya selalu berkoordinasi dengan pusat. Khususnya mengenai persoalan-persoalan yang menyangkut kepegawaian.

“Kalau soal koordinasi, kami ini hampir setiap hari melakukan koordinasi,” tandasnya.

Sementara itu hingga berita ini ditulis, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji belum bisa dikonfirmasi. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed