Dinas Perikanan Pacitan Gencarkan Gemarikan

Uncategorized163 views

Pacitan- Mengkonsumsi ikan merupakan salah satu upaya meningkatkan gizi masyarakat. Karena itu Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan sangat getol mengkampanyekan gerakan memasyarakatkan makan ikan atau disingkat GEMARIKAN.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Pacitan, Sumoro Hadi, dengan GEMARIKAN turut mendukung
pemerintah dalam mempersiapkan generasi muda yang berkualitas.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya
meningkatkan gizi masyarakat Indonesia serta minat untuk mengkonsumsi ikan. Karena ikan diharapkan menjadi salah satu sumber protein utama dalam pola konsumsi dan budaya masyarakat Indonesia, khususnya Kabupaten Pacitan,” kata Sumoro Hadi, Rabu (10/11).

Mantan Camat Donorojo ini mengatakan, dalam upaya mendukung pelaksanaan gerakan nasional GEMARIKAN, diperlukan suatu koordinasi lintas lembaga, lintas sektoral, lintas profesi dan lintas budaya.

Langkah tersebut membutuhkan strategi baru yang melibatkan seluruh komponen, agar mampu membangunkan kesadaran masyarakat untuk memilih ikan sebagai sumber
protein utama dalam menu makanan keluarga.

Dilihat dari tingkat konsumsi ikan, lanjut Sumoro Hadi, Kabupaten Pacitan baru mencapai 33,66 kilo gram (kg) per kapita per tahun. Meskipun menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tetapi masih jauh di bawah angka konsumsi ikan Propinsi Jawa Timur, sebesar 41,22 kg, dan angka konsumsi ikan nasional yang telah mencapai 56,39 kg per kapita per tahun.

Hal ini disebabkan oleh produksi perikanan yang belum mencukupi, karena kondisi alam yang sering
kesulitan air, budaya konsumsi masyarakat akan ikan rendah, distribusi hasil perikanan yang belum mencapai seluruh pelosok Kabupaten Pacitan.

Meski begitu, akhir-akhir ini telah banyak
armada pedagang ikan laut segar yang berkeliling ke wilayah-wilayah kecamatan dan pedesaan yang jauh dari pantai.

Sementara pada Tahun 2021 ini, Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan melaksanakan Gemarikan di Desa
Jlubang, Kecamatan Pringkuku dan Desa Ploso Kecamatan Punung dengan peserta 200 siswa sekolah dasar di wilayah tersebut.

“Kami memberikan sosialisasi Gemarikan dan membagikan bingkisan berupa aneka olahan produk perikanan serta menu makan siang berbahan dasar ikan. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis tanggal 10–11 November,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Forikan Kabupaten Pacitan, Evi Indrata Nur Bayuaji.

Menurut istri bupati Pacitan ini, ikan merupakan hewan air yang memiliki gizi, mineral, nutrisi dan vitamin sehingga dipercaya memberikan berbagai manfaat kesehatan dari otak hingga jantung bagi yang gemar mengkonsumsinya.

“Mengkonsumsi ikan secara benar, baik dari segi memilih jenis ikan dan
mengolahnya dapat mendatangkan manfaat secara maksimal dalam mencegah beberapa penyakit.

Mengkonsumsi ikan sudah terbukti sangat baik. Kalau dulu banyak orang mengatakan makan ikan menyebabkan seseorang menjadi cacingan, itu hanyalah mitos yang jauh dari
kebenaran. Bahkan ikan yang merupakan makanan semua orang dari berbagai macam golongan, diakui oleh pakar kesehatan dunia dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara baik dan benar agar manfaat tersebut terasa bagi yang memakannya.

Ayo Makan Ikan agar Sehat, Kuat dan Cerdas,” pesannya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed