Destinasi Wisata Dibuka, IDI Pacitan Berpesan Tetap Waspada Jalankan 5M dan Lanjutkan 3T

Pacitan- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pacitan, menyambut positif langkah Pemkab Pacitan dalam mengeluarkan beleid terkait dibukanya kembali destinasi wisata, mulai Jumat (19/11) besok.

Wakil Ketua IDI Pacitan, Johan Tri Putranto, mengatakan, ini sebuah kebanggaan atas keberhasilan semua elemen gugus tugas dalam menanggulangi dampak covid-19.

Sebagai organisasi profesi yang menaungi para dokter, IDI berpesan agar cakupan vaksinasi harus lebih diperluas dan dipercepat.

Pemerintah, lanjut Johan, dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) menegaskan, bagi daerah dengan cakupan vaksinasi sebesar 60 persen dan 40 persen diantaranya bagi lanjut usia (lansia), maka level PPKM akan turun dari level III menuju level II.

“Detik ini kita sudah turun level, dari III ke level II. Tentu ini sebagai kebanggaan atas keberhasilan semua pihak dalam menanggulangi dampak pandemi global coronavirus disease covid-19,” kata dokter yang juga menjabat sebagai Kepala UPT Puskesmas Gondosari, Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Kamis (18/11).

Namun begitu, lanjut Johan, upaya 3T, yaitu tracing, testing dan treatment harus terus dilakukan. Selain itu, masyarakat juga harus tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan, utamanya 5M. Memakai masker, menjaga jarak fisik, sesering mungkin cuci tangan pakai sabun, dan hindari berkerumun.

Perlu diingat, ancaman badai pandemi covid-19 tahap ke tiga, masih berpotensi tinggi. Karena itu, yang terpenting tetap jalankan protokol kesehatan sebagai salah satu benteng pertahanan untuk menangkal paparan Virus SARS-CoV-2.

“Apapun jenis atau strain baru covid-19 yang akan muncul, 5M sebagai bentengnya. Selain itu, cakupan vaksinasi baik dosis pertama atau kedua harus sesegera mungkin dituntaskan,” pesan Johan.

Kemudian berkaitan dengan pembukaan daerah tujuan wisata (DTW), Johan menegaskan, ada 25 syarat dan ketentuan yang harus dilaksanakan dimasing-masing destinasi wisata, oleh petugas jaga di lokasi.

“Kita boleh berbangga, bersuka cita, namun jangan sampai lengah. Ingat ancaman covid-19 masih ada disekitar kita. Untuk itu, ayo vaksin, jalankan 5M dan tetap ikuti imbauan gugus tugas. Kita berharap Pacitan bisa segera terbebas dari virus SARS-CoV-2. Selain itu kita juga harus punya target menuju level I. Dimana cakupan vaksinasi harus mencapai 70 persen, dimana 60 persen diantaranya untuk lansia” tukasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed