Banyak Pendapatan Daerah Belum Lampaui Target. Kepala Bapenda Pacitan Optimistis Bisa Penuhi Target PAD Khususnya Sektor Pariwisata

Uncategorized241 views

Pacitan- Hampir selama dua tahun diterpa badai pandemi global coronavirus disease covid-19, banyak potensi pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Pacitan, lenyap tak menyentuh target.

Meski begitu, juga ada beberapa komponen pajak daerah dan retribusi yang melampaui target, bahkan hingga 200 persen lebih.

Sementara disisa waktu yang hanya 44 hari, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) setempat, Sakundoko, optimis beberapa komponen PAD dari sejumlah sektor, akan bisa terlampaui. Apalagi mulai hari ini, Jumat (19/11), seluruh destinasi wisata di Pacitan, sudah bisa beroperasi.

Tentu kebijakan tersebut, akan bisa menjadi daya ungkit pendapatan daerah yang selama setahun lalu lenyap sebagai dampak pandemi global coronavirus disease covid-19. “Kami bersama seluruh personil di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) penghasil, optimistis akan bisa mengejar target pendapatan sampai akhir tahun nanti,” kata Sakundoko, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Jumat (19/11).

Dari sejumlah komponen pendapatan daerah yang tersebar di sejumlah OPD, sektor wisata yang terbilang sangat tertinggal jauh, yaitu hanya sekitar 48,41 persen dari nominal yang ditargetkan.

Sementara disisi lain juga ada OPD yang sudah melampaui target bahkan sampai 200 persen lebih. Seperti halnya Dinas Kesehatan yang mencapai 212 persen dan RSUD sebesar 100,01 persen.

Selain itu, Dinas PUPR yang mencapai 125,35 persen. “Kami mohon dukungan dan doa dari seluruh komponen masyarakat semoga disisa waktu yang hanya 44 hari tersebut, target pendapatan daerah dari sektor wisata bisa terpenuhi,” tuturnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed