Pemkab Pacitan Rintis Jatim Bejo. Ini Penjelasan Kabag Pengadaan Barang Jasa

Pacitan- Pemberdayaan UMKM tak hanya dilakukan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ngurusi sektor perdagangan semata.

Namun, Bagian Pengadaan Barang Jasa Setkab Pacitan, juga berupaya memberdayakan sektor perekonomian yang berada di level paling buncit tersebut.

Salah satu terobosan yang hendak dirintis yaitu sebuah sistem pengadaan yang cukup simpel namun bisa dipertanggungjawabkan dari sisi regulasi.

Kabag Pengadaan Barang Jasa, Setkab Pacitan, Turmudi menyebut, sebuah terobosan yang dibesut Pemprov Jatim itu bernama Jatim Belanja Online (Jatim Bejo).

“Ini sebuah sistem untuk lebih meringkas proses pengadaan barang jasa diluar kegiatan fisik konstruksi. Selain lebih mudah, cepat dan bisa dipertanggungjawabkan dari sisi aturan,” kata Turmudi, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (23/11).

Menurut pejabat eselon IIIA ini, memang butuh kesiapan dan proses panjang agar mekanisme tersebut bisa diaplikasikan di Pemkab Pacitan.

Selain harus ada komitmen dan sinergitas lintas OPD, pun para UMKM juga harus ada kesiapan. Terutama mereka harus menguasai sistem perdagangan berbasis digital sistem. “Jadi mereka nanti harus terdaftar semacam elekronik katalog. Namun e katalog lokal. Karena itu kita harus mempersiapkan semuanya. Bukan hanya OPD pemilik kegiatan, namun para pelaku UMKM juga,” jelasnya.

Lantas apa saja yang akan dijalankan dalam sistem Jatim Bejo tersebut?

Turmudi menegaskan, banyak item yang bisa dimasukan dalam Jatim Bejo. Selain produk makanan dan minuman, sewa terop dan perlengkapannya, termasuk rental kendaraan juga bisa masuk dalam sistem tersebut.

Hal ini telah dilakukan di beberapa kota besar. Seperti Surabaya, Malang dan juga Kediri. “Yang sudah dilakukan uji coba seperti misalnya produk makanan dan minuman,” sebutnya.

Kapan Pemkab Pacitan akan melaksanakan Jatim Bejo? Turmudi menegaskan, semua bergantung komitmen semua pihak. “Kita berupaya tahun anggaran 2022 setidaknya sudah bisa dilakukan perintisan. Sistem ini sangat ramping, cepat dan bisa dipertanggungjawabkan dari sisi aturan,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed