Mas Aji Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sumber Air

Pacitan- Tak hanya berkutat pada pemerintahan, namun Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, juga concern dengan kelestarian sumber air.

Karena itu ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam melestarikan sumber air agar tetap terlindungi, terawat dan terus mengalir. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan konservasi kawasan sumber air baik yang kondisinya rusak atau tidak terawat maupun yang masih terawat dengan baik.

“Harapan saya masing -masing desa bisa menyisihkan sedikit anggaran untuk penghijauan dan meletarikan sumber sumber air,” kata Bupati saat acara Konservasi Sumber Air dan Hari Menanam Pohon Indonesia di Desa Sempu Kecamatan Nawangan, Rabu (08/12).

Menurut Bupati, menjaga kelestarian alam merupakan gerakan bersama mulai dari pemerintah daerah, kecamatan dan desa, serta didukung semua komponen masyarakat. Menjaga daerah-daerah yang menjadi sumber air dengan melakukan penanaman pohon serta mencegah penebangan liar. Ia minta peran aktif dari camat dan kepala desa yang lebih tahu kondisi wilayah masing-masing.

Gerakan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Konservasi sumber air bertujuan untuk memulihkan kembali ketersediaan air yang semakin berkurang terutama saat musim kemarau. Sesuai data yang ada saat ini jumlah sumber air yang ada di Kabupaten Pacitan sejumlah 388 tersebar di 12 kecamatan.

Desa Sempu Kecamatan Nawangan dipilih menjadi lokasi gerakan penanaman pohon karena kecamatan yang terkenal dengan peternakan kambing etawa ini merupakan akar serta sumber air sungai grindulu, sungai terbesar di Kabupaten Pacitan. Jumlah bibit tanaman yang ditanam sebanyak 277.600 batang dengan jenis bibit kayu-kayuan sebanyak 300 batang serta bibit tanaman produktif 19.100 batang.(red/hp/yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed