Peran Serta Masyarakat Masih Minim, Untuk Memberikan Masukan Perihal Data Pemilih Berkelanjutan

Pacitan- Data pemilih yang baik dan benar, merupakan salah satu kunci suksesnya sebuah penyelenggaraan pemilihan.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi, KPU Pacitan, Eko Setiawan, mengatakan, detik ini lembaga penyelenggara pemilu terus melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. “Setiap bulan kita terus melakukan update data pemilih,” kata Eko, saat dikonfirmasi di ruang media center KPU Pacitan, Rabu (8/12).

Menurut komisioner KPU yang akrab disapa Wawan ini, perubahan data pemilih mayoritas terjadi tehadap penduduk yang sudah berusia 17 tahun atau wajib KTP baru. Pun yang migrasi atau meninggal dunia.

Selain itu juga belum berusia 17 tahun akan tetapi mereka telah menikah. “Kita sangat berharap ada masukan dari masyarakat, meskipun kami akui peran serta masyarakat untuk menyampaikan informasi tersebut masih sangat minim,” tuturnya.

Ia berharap guna melindungi hak konstitusional setiap penduduk, Wawan sangat mengharapkan adanya peran aktif dari masyarakat. “Masyarakat juga bisa mengakses link resmi KPU, Lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Dari link tersebut masyarakat bisa melakukan pengecekan apakah mereka sudah masuk sebagai pemilih atau belum,” tandasnya.(yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed