Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan Raih Prestasi Kinerja Satker Terbaik Tingkat Nasional. Salah Satu Indikatornya, Kecepatan Pelayanan Program PTSL

Pacitan- Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, kembali meraih prestasi pelaporan dan kinerja satuan kerja (satker) terbaik tingkat nasional.

Salah satu indikator diraihnya prestasi tersebut yaitu pelaksanaan program pendaftaran tanah sertifikat lengkap (PTSL).

Kasie Penetapan Hak dan Pendaftaran Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Arif Kurniawan, mengatakan, pada tahun ini pemerintah pusat memberikan alokasi sebanyak 62 ribu bidang pada program PTSL.

“Semuanya sudah terbit sertifikat. Yang diserahkan ada 52 ribu sertifikat. Dan selebihnya harus tuntas pada 20 Desember,” kata pejabat yang akrab disapa Wawan ini di ruang media center Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Senin (13/12).

Menurut Wawan, dari kuota PTSL sebanyak 62 ribu bidang tersebut, tersebar di 21 desa yang ada di Kecamatan Bandar, Nawangan, Tegalombo, Sudimoro, Ngaidrojo, Kebonagung, Tulakan dan Donorojo.

“Tahun 2022 nanti kita kembali mendapatkan 33 ribu bidang, yang akan dialokasikan di 8 desa yang tersebar di Kecamatan Arjosari, Tegalombo, dan Donorojo.

Dilihat dari kuota, memang banyak mengalami penurunan. Akan tetapi Pacitan mendapat jatah terbanyak se Jatim dibandingkan kabupaten/kota lainnya. Untuk kabupaten/kota lain, rata-rata hanya sekitar 5 ribuan bidang,” jelasnya.

Lebih lanjut Wawan mengungkapkan, dari keberhasilannya dalam mengemban amanah pemerintah pusat tersebut, hingga diraihnya prestasi juara Nasional untuk PTSL Tahun 2020 lalu. Dengan indikator pelayanan tercepat dan kelengkapan data.

“Tahun ini kita mendapatkan predikat wilayah bebas korupsi (WBK), dengan indek kepuasan masyarakat sangat baik, dan indek persepsi korupsi, sangat baik.

Pekan lalu kita diundang oleh Kemenpan dan RB untuk desk evaluasi. Alhamdulillah kita mewakili Kantor Pertanahan se-Provinsi Jatim,” tukasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed