KPK Targetkan Sebanyak 1.200 Bidang Lahan Milik Pemkab Pacitan Harus Sudah Bersertifikat Sampai Tahun 2023

Uncategorized132 views

Pacitan- Masih banyak aset daerah milik Pemkab Pacitan, utamanya jalan dan drainase yang belum bersertifikat hak milik (SHM).

Menurut Kasie Penetapan Hak dan Pendaftaran, Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Arif Kurniawan, sampai tahun ini ada sekitar 1.200 bidang aset milik Pemkab Pacitan yang belum bersertifikat.

“Dari hasil monitoring yang dilaksanakan KPK Bidang Pencegahan, tiga tahun berselang, yaitu mulai tahun 2021 sampai 2023, semua aset yang belum bersertifikat tersebut harus sudah tuntas disertifikatkan,” kata pejabat yang akrab disapa Wawan ini, saat ditemui di media center Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Senin (13/12).

Sementara itu, pada tahun ini, Pemkab Pacitan, telah mengajukan sebanyak 274 bidang, baik ukur ataupun sertifikat. “Yang 132 merupakan pengajuan sertifikat dan kesemuanya sudah tuntas. Sementara lainnya pengajuan pengukuran,” sebut Wawan.

Lebih lanjut Wawan mengatakan, baru tahun ini Pemkab Pacitan mengajukan banyak permohonan. Merunut catatan di Kantor Pertanahan, di tahun-tahun sebelumnya, rata-rata paling banyak sekitar 50 permohonan. “Memang yang terbanyak untuk jalan dan saluran yang belum bersertifikat. Kurang lebih ada sekitar 600’an bidang,” tandasnya.(yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed