oleh

Jelang Tahun Politik 2024, APIP Pacitan Kawal Tata Kelola Pemerintahan Agar Tidak Terjadi Penyalahgunaan Wewenang Melalui EWS

Pacitan – Inspektorat Kabupaten Pacitan, terus melakukan berbagai langkah dalam rangka menghadapi tahun politik 2024. Itu dilakukan dengan harapan agar tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan.

Inspektur, Inspektorat Pacitan, KH Mahmud, dalam siaran persnya menegaskan, tata kelola pemerintahan yang accountable, profesional, bersih dan bebas korupsi harus terwujud baik di pemerintah pusat maupun di pemerintah daerah.

“Begitu juga tata kelola pemerintahan di Kabupaten Pacitan harus selalu berjalan dengan benar (on the track) walaupun menghadapi tahun politik 2024,” kata mantan asisten sekkab ini, Kamis (22/9).

Menurut pejabat yang juga dipercaya sebagai Ketua PCNU Kabupaten Pacitan tersebut, salah satu ikhtiar dalam mewujudkannya harus diperkuat sistem pengawasannya.

Inspektorat Daerah Kabupaten Pacitan yang merupakan Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) berupaya semaksimal mungkin melaksanakan fungsi pengawasannya melalui Early Warning Sytem (EWS) atau sistem peringatan dini.

“Melalui EWS ini apabila akan terjadi penyalahgunaan wewenang baik disengaja maupun yang tidak oleh para aparatur birokrasi Pemerintah Kabupaten Pacitan, mulai dari sistem perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindaklanjutnya bisa segera terdeteksi dan diluruskan,” tegasnya.

“Kami berharap dengan pengawasan yang berkualitas akan terwujud tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi di Kabupaten Pacitan sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera dan bahagia,” sambung Mahmud. (yun).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed