oleh

Indentitas Kependudukan Digital, Wajib KTP Tak Perlu Lagi Miliki Fisik KTP Elektronik. Ini Kata Kadispendukcapil Pacitan Supardianto

Pacitan – Sebuah inovasi berbasis digital tengah dikembangkan Kementerian Dalam Negeri. Khususnya KTP elektronik dan Kartu Keluarga, masyarakat wajib KTP tak perlu lagi memegang fisik indentitas diri berbasis iris mata dan sidik jari tersebut.

“Cukup dengan mengunduh aplikasi indentitas kependudukan digital di play store bagi user android dan mengisi data yang diinstruksikan, maka data diri anda sudah terekam secara digital pada aplikasi tersebut,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pacitan, Supardianto, usai mengikuti rapat dinas dengan Bupati Pacitan, Jumat (23/9).

Menurut mantan Kasatpol PP Pemkab Pacitan ini, ketentuan identitas diri berbasis digital ini, sebagaimana arahan dari pusat, sementara waktu baru akan disosialisasikan kepada seluruh ASN lingkup Setkab Pacitan. “Kedepan seluruh ASN dan juga masyarakat wajib KTP. Mereka tak perlu lagi memiliki fisik KTP, tapi cukup dengan sistem digital ini, mereka sudah terdaftar dan memiliki indentitas diri. Ini berlaku nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut, Supardianto mengatakan, inovasi ini memang belum sepenuhnya berlaku bagi wajib KTP ataupun para user android.

Namun begitu, ia menegaskan, bagi yang sudah mengunduh aplikasi dan mengisi data secara benar, data mereka dipastikan akan terekam secara digital. “Kemarin saat saya berada di Nganjuk, dan melakukan pemesanan tiket pesawat, pakai aplikasi itu sudah bisa,” katanya. (yun).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed